cara membuat lampion dari benang


LAMPION DARI BENANG



DI



S

U

S

U

N



OLEH :



NAMA               : CUT FARANITA

KELAS               : XII MIA 7























SMA NEGERI 1 SIGLI

TAHUN 2016 / 2017

BAB I

PENDAHULUAN





A.    LATAR BELAKANG

Lampion adalah sejenis lampu yang biasanya terbuat dari kertas dengan lilin di dalamnya.Lampion yang lebih rumit dapat terbuat dari rangka bambu dibalut dengan kertas tebal atau sutera berwarna (biasanya merah).

Tapi lampion yang ada di makalah ini bukan lampion seperti biasa, lampion ini adalah Lampion Benang. Lampion Benang, merupakan lampu tidur berbahan benang jahit berhiaskan kain flanel yang dapat dibuat karakter seperti karakter nama, karakter kartun atau karakter klub bola.

Usaha membuat Lampion dari bahan benang jahit merupakan jenis usaha yang memiliki target pasar yang masih sangat luas. Lampion ini biasanya digunakan untuk lampu tidur dan hiasan.Karya yang satu ini salah satu contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan namun tentunya dengan modal kecil.



































BAB II

PEMBAHASAN



A.    Pengertian Kerajinan Tangan

Merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.

Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan.

Arti yang lain ialah usaha yang berterusan penuh semangat ketekunan, kecekalan, kegigihan, dedikasi dan berdaya maju dalam melakukan sesuatu perkara

Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis.Hal yang lumrah dalam pembuatan kerajinan tangan adalah mengangkat suatu nilai dari bahan atau barang yang tidak layak pakai (barang bekas), sehingga memiliki fungsi untuk kehidupan dan tentunya bernilai ekonomis.

Dalam Kerajinan Tangan, kapasitas produksi terukur dari jumlah orang yang terlibat didalamnya. Selain itu adanya pengaruh ketersedaan bahan baku utama dan pendukung, karena bahan bekas ketersediannya tidak bisa diprediksi, kecuali dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut menggunakan lebih banyak bahan baru.

Bahan yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan adalah bahan baru yang bisa kita beli di toko juga menggunakan barang bekas layak pakai, serta bahan yang melalui pendaurulangan.

Contoh bahan yang biasa digunakan adalah :

1. Kain : Flanel, Kain Perca

2. Benang : Benang jahit, benang Wol

3. Sedotan

4. Kertas : Kertas Samson, Kertas Koran, Kertas Daur Ulang, Kertas Kardus, Hardbot, dll

5. Botol Bekas

6. Kayu Baru / Kayu Sisa, Triplek

7. Bambu

8. Spare Part Kendaraan Bekas

9. Neon Bekas

10. Kaca Bekas

11. Daun dan Bungan Kering

12. Pasir Laut

13. Kaleng Bekas

14. Besi : Besi Begel, Besi Plat, Besi Pipa, Besi Bekas lainnya

15. Tanah Liat

16. Plastik : Kantong Kresek, Bungkus Kopi, Botol, dan bentuk kemasan plastik lainnya

Dalam membuat kerajinan tangan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi.Pemahaman terhadap peluang usaha ini tidaklah mudah, tetapi juga bukanlah hal yang rumit.Kuncinya kita harus memiliki kemauan yang tinggi dan bersungguh-sungguh.

Mengubah barang bekas menjadi barang yang berguna merupakan peluang yang sangat besar.Saat ini bisa kita lihat bermunculan pengusaha barang bekas yang tentunya bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Apalagi dengan sentuhan kreatifitas pastinya akan menciptakan nilai yang jauh lebih besar lagi. Semoga saja nantinya lebih banyak generasi muda kreatif yang mampu menyulap barang bekas menjadi suatu produk yang memiliki nilai yang tinggi melalui usaha kerajinan tangan. Potensi ini selain mendatangkan income secara pribadi tetapi akan mampu menghidupi orang banyak yang terlibat didalamnya, juga akan mampu mengangkat potensi pariwisata Indonesia.



B.     LAMPION BENANG



Lampion adalah sejenis cahaya yang dibungkus dengan kertas.Biasanya cahaya yang dimasukkan didalam kertas ada yang berupa lilin, lampu dan semacam lainnya.Suasana kumpulan lampion membuat nyaman dan indah.Komposisi warna yang indah dipadukan dengan gelapnya malam memiliki pesona alam yang begitu luar biasa.

Lampion  benang adalah suatu kerajinan tangan yang berbahan dasar dari benang dengan dibentuk sebagai tempat lampu bolam. Lampion ini biasanya dibuat ileh seorang pengusaha kerajinan lampu karena banyak sekali para pecinta kreasi craft yang mencari lampu hias rumah maupun tempat tidur ini karena murah namun unik. Mau tahu cara membuatnya? Berikut ulasan ringkasnya.

Tapi lampion yang ada di makalah ini bukan lampion seperti biasa, lampion ini adalah Lampion Benang. Lampion Benang, merupakan lampu tidur berbahan benang jahit berhiaskan kain flanel yang dapat dibuat karakter seperti karakter nama, karakter kartun atau karakter klub bola.

Usaha membuat Lampion dari bahan benang jahit merupakan jenis usaha yang memiliki target pasar yang masih sangat luas. Lampion ini biasanya digunakan untuk lampu tidur dan hiasan.Karya yang satu ini salah satu contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan namun tentunya dengan modal kecil. Berikut proses pembuatannya.

ALAT DAN BAHAN:

    Balon

    Benang Jahit

    Lem Kayu   

    Kain Flanel (untuk hiasan)

    Kuas

    Gunting

    Gelas Plastik Bekas Minuman

    Bohlam min 5 watt

    Stand Lampu dilengkapi kabel dan colokan listrik



CARA MEMBUAT:

1.      Tiup balon hingga mencapai ukuran kecil/sedang (jangan terlalu besar  yaaa,nanti benang yang dibutuhkan semakin banyak dan semakin lama bikinnya).

2.      Masukkan lem kayu ke dalam gelas plastik dan campurkan dengan air secukupnya (jangan terlalu encer yaa nanti lama keringnya dan daya rekatnya kurang).

3.      Setelah lem tercampur lalu gunakan kuas untuk melapisi seluruh permukaan balon dengan lem.

4.      Mulai melilitkan benang ke balon (lilitannya acak saja).

5.      Setelah terlihat agak tebal lapisi seluruh permukaan benang dengan lem lagi dan lilit kembali dengan benang, begitu seterusnya sampai beberapa kali pengulangan (sesuai keinginan.

6.      Kemudian lapisi seluruh permukaan benang di lapisan terluar dengan lem.

7.      Keringkan dengan cara digantung (jangan dikeringkan di bawah sinar matahari nanti balon bisa meletus dan jangan diletakkan di lantai karena balon dapat menyusut)

8.      Setelah mengering buatlah lubang di bagian bawah balon, keluarkan balon yg ada di dalam, gunting kain flanel sesuai dengan karakter yang ingin dibentuk, tempelkan

9.      Satukan balon benang karakter dengan lampu dan stand lampunya



DAFTAR HARGA BAHAN :

NO

NAMA BAHAN

HARGA BAHAN

1.     

2 buah benang @ 2.000

Rp  4.000,-

2.     

Balon

Rp     500,-

3.     

Lem

Rp 5.000,-

4.     

Bola Lampu

Rp   2.000,-

5.     

Colokan

Rp   3.000,-

6.     

Piting

Rp   5.000,-

7.     

1 meter kabel

Rp   5.000,-

8.     

Pernis

Rp 10.000,-



Jumlah

Rp 34.500,-

Harga jual lampu lampion benang karakter ini dipasarkan sekitar Rp 50.000-120.000.



















BAB III

PENUTUP



A.    KESIMPULAN

Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis.

Lampion Benang, merupakan lampu tidur berbahan benang jahit berhiaskan kain flanel yang dapat dibuat karakter seperti karakter nama, karakter kartun atau karakter klub bola.



B.     SARAN

Saran yang diberikan pada makalah ini, yaitu harus bersabar dalam proses pembuatan lampion benangnya, karena membutuhkan ketelitian dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengeringan lem pada benang. Dan setelah lampion selesai, kamu dapat menghiasi lampion kamu dengan kain flanel dengan karakter kartun, karakter club atau karakter nama yang kamu sukai.

Subscribe to receive free email updates: